(Batee/Pidie) Puji syukur kepada Allah yang telah mempertemukan kita di bulan ramadhan 1436 H. setelah menikmati hari libur di tahun pembelajaran yang lalu, semua guru dan siswa pada MIN Keude Batee tampak lebih segar dan ceria kembali memadati hari pertama pada kegiatan ramadhan di tahun ini. Kehadiran guru mulai hari pertama lengkap dan mereka siap untuk melaksanakan serangkaian kegiatan ramadhan dari tanggal 29 Juni s.d 11 Juli 2015 terjadwal.

Adapun program unggulan pada ramadhan kali ini adalah menghafal al-qur’an Juz 30 bagi siswa kelas tinggi yang telah bisa membaca al-qur’an dengan baik, juga pembelajaran baca al-qur’an melalui metode iqra’ bagi siswa yang belum bisa membaca al-qur’an.

Program ini sengaja kita gulirkan mengingat MIN Keude Batee punya target bahwa siswa yang akan menamatkan belajarnya di madrasah ini harus bisa menbaca al-qur’an dan minimal dapat menghafal 1 juz al-qur’an yaitu juz 30. Kami sangat berharap disaat pelaksanaan wisuda yang akan datang para siswa mendapat piagam penghargaan telah menghafal al-qur’an dan akan memudahkan mereka ketika ingin melajutkan pendidikan di madrasah/sekolah unggulan yang ada di kabupaten maupun propinsi.

Selain program unggulan pada ramadhan kali ini, kami juga menjadwalkan pada pekan pertama ini adalah praktek ibadah, yaitu mulai tata cara masuk/keluar wc, taharah, berwudhu, masuk/keluar masjid, shalat tahiatul masjid, shalat duha, berzikir, dan berdo’a. pembelajaran praktek ibadah ini langsung mereka dapatkan dari para guru yang membimbing para siswa dalam kelompok masing-masing ( 1 guru : 7 siswa).

Alhamdulillah kami sangat puas dengan kegiatan ini karena dalam pekan pertama telah berhasil menghadirkan siswa-siswi untuk mengikuti pembelajaran dari kelas IV s.d VI. Pada pekan kedua kita akan melaksanakan kegiatan tambahannya yaitu nonton bareng seperti filem-filem islami yang akan menguatkan karakter siswa-siswi dalam membentuk kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual, menghafal do’a sehari-hari serta beberapa hadist pendek.

Di hari terakhir kita akan menghadirkan penceramah yang akan memberikan bimbingan dan nasehat kepada para guru dan siswa sekaligus akan memberikan penghargaan pada siswa-siswi yang terbanyak menghafal pada juz 30 dan siswa yang menamatkan metode iqra, dengan harapan program ini akan berkesan dan meyenangkan bagi mereka sambil berpuasa mengisi kegiatan yang sangat bermanfaat.

Pimpinan Madrasah dan dewan guru sangat berharap anak didiknya dapat terpenuhi pengetahuan dan pengalaman selama belajar di madrasah serta memiliki standar madrasah pelayanan yang maksimal, kita berdo’a semoga madrasah ini perlahan-lahan akan terus maju dan jaya sesuai visi dan misinya madrasah. (ttd. Gusmarwan, S. Pd)

min batee (2) min batee min batee (1)